√ Hidup Sehat dengan Bahan-bahan Alami di Tengah Pandemi - GJYA.COM

Hidup Sehat dengan Bahan-bahan Alami di Tengah Pandemi

Di masa pandemi seperti ini, semua orang menginginkan hidup sehat dengan bahan-bahan alami. Selain karena murah, bahan-bahan tersebut juga relatif tersedia di sekitar lingkungan kita.


Saat ini ketika semua orang berbicara tentang kekebalan tubuh menghadapi virus covid, kita semua kini melirik lagi bahan-bahan alami yang bisa meningkatkan imun kita. Apalagi obat dari virus ini pun hingga kini belum ditemukan.


Semua bisa dimulai dari berat badan. Saat berat badan sudah melebihi ukuran normal, kita pun berpikir ada sesuatu yang salah dalam cara kita mengonsumsi sesuatu.


Tingkat Obesitas Indonesia Nomor 10 Dunia


Membaca BBC pagi ini  disebutkan Indonesia ternyata merupakan negara dengan tingkat obesitas 10 besar dunia. Woow hal ini makin menegaskan asumsi bahwa umumnya obesitas itu di kebanyakan dialami oleh negara-negara berkembang ya. Ya seperti Indonesia ini yang bukan termasuk negara maju, juga nggak terlalu terbelakang (hehe) berarti golongan negara berkembang.


Obesitas di Negara Berkembang


Jumlah orang dewasa yang kelebihan berat badan dan mengidap obesitas di dunia ketiga meningkat empat kali lipat sejak 1980-an menjadi satu miliar, kata laporan sebuah lembaga riset di Inggris. Institut Pembangunan Luar Negeri itu mengatakan satu dari tiga orang di dunia kini kelebihan berat badan dan mendorong pemerintah di negara-negara berkembang untuk bertindak agar rakyatnya menjalani pola makan sehat.


Laporan itu juga memprediksi meningkatnya jumlah serangan jantung, stroke dan diabetes. Salah seorang penulis laporan itu, Steve Wiggins, mengatakan ada banyak penyebab mengapa obesitas bertambah banyak.


Dalam penelitian institut itu menemukan 904 juta orang di negara berkembang kini memiliki berat badan berlebih. Sedangkan di negara maju, jumlahnya adalah 557 juta orang.


Obesitas di Negara Maju


Mengutip dari Jurnal Medis Lancet mereka telah merilis daftar negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia. Dalam rilis tersebut disebutkan bahwa negara kita tercinta Indonesia berada di peringkat 10. Dalam jurnal tersebut dikemukakan mengenai jumlah orang di dunia yang dimasukkan mengalami kelebihan berat badan di mana telah melampaui 2,1 miliar, atau naik 875 juta dari 1980. Begitulah menurut Jurnal Lancet. Sayangnya tidak ada satu pun negara yang sukses mengatasi masalah obesitas ini.


Nah berdasarkan peringkat dari 671 orang yang diketahui memiliki kelebihan berat badan, mereka ini tinggal di 10 negara berikut ini (berdasarkan peringkat):


  1. Amerika Serikat
  2. Cina
  3. India
  4. Rusia
  5. Brasil
  6. Meksiko
  7. Mesir
  8. Jerman
  9. Pakistan
  10. Indonesia

Sumber: The Lancet (BBC.co.uk)


Dari keterangan tersebut, ternyata justru negara-negara maju seperti AS, Cina dan Rusia ternyata juga mempunyai tingkat obesitas tertinggi. Bahkan seperti negara Inggris merupakan negara dengan angka obesitas tertinggi di Eropa Barat. Itu setidaknya dari studi yang dilansir dengan melibatkan 188 negara.


Obesitas Akibat Modernisasi, Teknologi dan Gaya Hidup


Dalam hal tersebut para pakar menyatakan nadanya suatu peningkatan yang disebabkan oleh “modernisasi”. Salah satunya karena semakin berkurangnya aktivitas fisik dalam semua level dan bidang kehidupan. Teknologi makin canggih hingga gerak manusia pun berkurang. Di sisi lain, semakin menjamurnya makanan-makanan junk food dan instan juga menjadi penyebab lain mengapa obesitas makin banyak diderita oleh negara-negara maju dan berkembang.


Dari penelitian ini juga disampaikan bahwa tingkat obesitas ini sangat meningkat di dunia, dan ternyata hal ini juga mengikuti pertumbuhan di negara-negara maju masih tetap yang tertinggi. Para pakar ini memberikan analisisnya dari hasil data dari survei, seperti WHO, situs pemerintah dan mengulas jumlah orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan di dunia.


Adapun salah satu rekomendasi dari studi ini adalah mengingatkan agar perlu melakukan “langkah global segera” dalam rangka melawan faktor-faktor risiko seperti asupan kalori eksesif, kurangnya aktivitas dan "promosi aktif konsumsi makanan oleh industri."


Salah satu hasil lain dari studi ini juga melaporkan bahwa kaum perempuan merupakan pihak dengan obesitas yang lebioh tinggi/banyak dibandingkan lelaki di negara-negara berkembang. Menurutnya, tingkat obesitas lebih tinggi bagi perempuan di negara berkembang karena mereka harus melakukan tugas rangkap, mengurus keluarga dan bekerja. Hal mitulah yang membuat mereka tidak memiliki waktu untuk mengendalikan berat badan.



Tips Sehat Langsing Alami


Mendapatkan tubuh yang sehat langsing alami harus didapatkan dengan berbagai cara dan variasi. Cara dan variasi setiap orang itu berbeda-beda. Namun, cara tersebut tidak menjamin sesorang untuk mendaparkan tubuh langsing. maka dari itu, banyak yang berdalih untuk menggunakan obat pelangsing yang tentu belum jelas manfaat dan khasiatnya di dalam tubuh.


Tentu saja masih banyak orang yang tidak menggunakan obat pelangsing sebagai alat untuk melakukan program diet. Mereka yang sadar akan kesehatan, cenderung memilih untuk melakukan diet secara alami.


Berikut ini adalah tips sehat langsing yang dilakukan secara alami.


  1. Gantilah mengonsumsi teh biasa dengan teh hijau. Karena di dalam teh hijau terdapat antioksidan yang tinggi yang dapat memperlancar kerja metabolism dalam tubuh dan juga tentunya dapat mempercepat pembakaran lemak.\
  2. Minumlah air putih untuk menekan nafsu makan yang berlebihan. Air putih bermanfaat untuk melancarkan percernaan, dan berfungsi sebagai pembersih tubuh dari racun-racun yang kita dapat setiap harinya.
  3. Makanlah dengan porsi sedikit tapi sering. Hal itu akan menghindarkan dari budaya ngemil yang tidak berguna bagi tubuh, jika kita sering makan, dengan porsi yang sangat sedikit, tentu tubuh kita akan selalu terjaga energinya.
  4. Memakan makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayur dan buah. Hal ini sangat efektif untuk memperlancar kerja pencernaan. Dan memakan makanan yang mengandung serat tinggi akan menekan nafsu makan karena kita akan terasa kenyang lebih lama.
  5. Jika Anda tidak menyukai olahraga ekstrim, coba ubah pola pikir anda untuk mengganti olahraga dengan berjalan-jalan atau berekreasi ke tempat hiburan. Bukan hanya menyenangkan, tapi dengan berjalan kita dapat membakar kalori dengan sangat cepat. Kita juga merasakan senang dari hiburan rekreasi tersebut.
  6. Atur pola makan sesuai dengan porsi kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Jangan melebihi porsi kalori yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh. Membiasakan sarapan juga termasuk cara efektif untuk menjaga kelangsingan tubuh.


Untuk menjaga tubuh sehat langsing, tentu berkaitan dengan program diet. Lakukan diet yang benar dan alami. Jangan sampai untuk mendapatkan tubuh yang ideal, kita harus mengorbankan kesehatan kita.


Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami


Pada zaman sekarang, orang cenderung mengalami kegemukan dibanding orang dahulu. Hal itu dikarenakan dari pola hidup yang tidak sehat yang dijalani serta tuntutan pekerjaan yang harus serba instan dan cepat dalam menyelesaikan sesuatu dengan segera.


Makanan cepat saji merupakan makanan yang sangat popular dan banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Padahal yang terjadi, makanan cepat saji tersebut akan membawa kita pada kegemukan yang sangat tidak menyehatkan bagi tubuh kita yang dituntut menyelesaikan sesuatu dengan cepat itu. Akibatnya, kesehatan akan terganggu dan pekerjaan akan terbengkalai. Maka dari itu, saat itu, mulailah untuk menurunkan berat badan agar mencapai ideal dan kesehatan akan tetap terjaga.


Berbagai cara akan dilakuakan seseorang untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Satu, satunya cara yang aman adalah dengan cara tradisional. Cara ini dianggap sangat ampuh untuk menurunkan berat badan dibanding dengan obat pelangsing modern yang mungkin kurang aman bagi tubuh. Penggunaan bahan alami sangat efektif juga untuk penurun berat badan, dan sangat ampuh kasiatnya di bidang kesehatan.


Penggunaan penurun berat badan secara alami relative tidak ada efek samping sama sekali, mengingat bahan-bahan tradisional yang digunakan adalah bahan herbal yang akan berkhasiat lain di dalam tubuh manusia. Berikut ini macam obat herbal yang dapat menurunkan berat badan.


  1. Kayu Manis. Kayu manis mampu bekerja secara alami di dalam tubuh. Kayu manis dikenal sebagai obat herbal yang mampu membantu metabolism lemak secara efektif untuk dimanfaatkan seabagai sumber energy dalam tubuh. Kayu manis juga sangat efektif untuk orang yang menderita diabetes, karena gula darah akan terkontrol dan membantu memperlambat penyerapan karbohidrat oleh tubuh. Sehingga tubuh akan merasa kenyang lebih lama.
  2. Teh Tawar dengan perasan Jeruk Nipis. Teh tanpa gula atau disebut dengan teh tawar yang ditambah perasan jeruk nipis, akan sangat efektif menjadi penurun berat badan. Karena ramuan ini dapat melarutkan lemak, terutama lemak di bagian perut.
  3. Teh Hijau dan Teh Hitam. Teh hijau dan juga the hitam memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menjaga kadar kolesterol supaya tetap stabil.


Di atas ini adalah ramuan herbal yang mudah sekali ditemukan dan diramu sendiri untuk penurun berat badan yang efektif. Selalu berfikir positif dan menjaga kesehatan adalah kunci dari hidup sehat.


Kecilkan Perut Gendut Anda dengan Buah dan Sayuran


Memiliki perut yang besar dan terlihat banyak lipatan lemak bagi sebagian orang merupakan hal yang membuat rasa percaya diri menjadi menurun. Terutama bagi seorang wanita yang sudah pernah memiliki anak. Hal demikian adalah kondisi yang kurang enak dipandang. Terutama penampilan di depan suami tercinta.


Sebagian perempuan memilih untuk melakukan olahraga ada juga yang membeli alat untuk mengecilkan perut karena tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Akan tetapi hasilnya pun masih saja. Perut anda masih terlihat buncit dan lemak juga belum berkurang. Kini telah hadir minuman herbal buah dan sayuran yang dapat membantu anda untuk mengecilkan perut buncit anda secara alami.


Sebelum membahas lebih detail bagaimana manfaat buah dan sayuran dalam membantu mengecilkan perut buncit adalah mengetahui terlebih dahulu penyebab bagaimana bisa perut Anda bisa menjadi buncit. Pada umumnya perut buncit atau gendut kerap kali sangat mengganggu penampilan anda. Selain penampilan yang terganggu juga adalah kondisi kesehatan yang rentan terserang beberapa penyakit. Misalnya saja akan mengakibatkan obesitas.


Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi pemicu anda memiliki perut buncit atau perut gendut. Di antaranya adalah:


  1. Banyak mengkonsumsi alkohol. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol membuat lemak menumpuk pada perut. Sebab di dalam minuman alkohol banyak kandungan gula dan kalori dengan jumlah besar yang juga berlebihan untuk kebutuhan manusia.
  2. Terlalu banyak makan. Pola makan yang dengan jumlah porsi yang besar adalah salah satu pemicu membuat perut Anda menjadi buncit.
  3. Mengkonsumsi makanan berlemak dengan berlebihan. Memang benar makanan berlemak merupakan salah satu penyebab yang dapat membuat anda memiliki perut buncit. Makanan berlemak memang mudah kita temukan disekitar kita. Sebab hampir setiap makanan memiiki kandungan lemak. Salah satu jenis makanan yang banyak mengandung lemak adalah gorengan. Terlebih di dalam gorengan terdapat kandungan minyak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Jika anda mengkonsumsi gorengan dengan jumlah banyak maka tak heran jika perut anda menjadi buncit.
  4. Kebiasaan ngemil pada malam hari. Ngemil merupakan salah satu kegiatan yang asyik. Terutama ngemil pada malam hari. Namun, jika hal tersebut dilakukan dengan terus menerus dengan porsi yang banyak tak heran jika perut anda berkembang subur dan menjadi buncit.


Selain dari kebiasaan mengkonsumsi makanan tersebut Anda juga dapat mengatasinya dengan minum buah dan sayuran. Kandungan buah dan sayuran yang kaya akan serat  herbal mampu membersihkan usus pada perut anda dari racun serta lemak jahat. Buah dan sayuran juga banyak kandungan kalori sehingga membuat anda sedikit mengurangi porsi makan.


Bolehkah Konsumsi Penurun Berat Badan yang Terbuat dari Bahan Herbal?


Banyak sekali di antara kita menginginkan berat badan yang ideal. Jika kita memiliki berat badan yang melebihi ideal, secara mati-matian kita akan melakukan serangkaian kegiatan diet untuk menurunkan berat badan.


Banyak sekali cara penurun berat badan yang bertujuan untuk membuang lemak. Tapi sebenarnya, lemak yang tersimpan di dalam tubuh itu merupakan immune yang mempunyai fungsi sebagi pelindung tubuh.kerja lemak sebenarnya melindungi organ-organ dalam tubuh kita, dan juga dapamelindungi kita dari toxin atau pencemaran udara yang masuk lewat kulit kita.


Jadi sebenarnya, kalau kita hanya berfokus pada pembuangan lemak, bisa jadi tubuh kita akan semakin sering terkena racun. Maka dari itu, agar tubuh kita tidak terkena racun, kita harus selalu melakukan kembali hidup sehat, dan juga menurunkan berat badan secara alami.


Menurunkan berat badan dengan menggunakan cara herbal lebih sedikit terkena efek sampingnya, daripada obat-obatan kimia. Mencoba untuk meracik sendiri jamu atau penurun berat badan secara herbal dapat mengurangi resiko kita dalam pengonsumsian obat penurun berat badan.


Mencari tumbuhan herbal yang ada di belakang kebun kita dapat dijadikan untuk melakukan diet alami. Karena kita juga dituntut untuk bergerak aktif dalam peramuan obat penurun berat badan yang akan kita buat sendiri. Kita juga akan merasa senang dengan hasil yang kita ramu sendiri.


Diet akan menjadi sangat menyenangkan bila dilakukan dalam keadaan senang. Kita dituntut juga untuk selalu aktif bergerak agar tubuh tidak kaku. Usahakan juga untuk sering melakukan kegiatan olahraga seperti jalan kaki, jogging, gym, ataupun mengerjakan urusan rumah tangga.


Tak lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan sesuai dengan gizi yang seimbang, untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Hindari untuk pemakaian obat yang belum tentu kaisatnya yang hanya mengandung bahan kimia saja.


Penurunan berat badan secara herbal, merupakan alternative yang pas untuk mendapatkan berat badan yang ideal, tanpa adanya efek samping ketika kita melakukan serangkaiann diet. Dengan tanaman herbal kita dapat penurunkan berat badan secara alami dan tentunya tubuh akan menjadi sehat dan terhindar dari racun.



Sehat dengan Tubuh Langsing


Mempunyai tubuh sehat dan langsing adalah idaman semua wanita dan laki-laki. Berbagai cara akan dilakukan untuk mendapatkan porsi tubuh yang ideal dan langsing.


Di antara kita akan melakukan serangkaian perawatan tubuh untuk menjaga bentuk tubuh dan bentuk perut agar tetap langsing. Banyak dari kita yang langsung melakukan diet secara ketat dan ekstrim. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan tubuh kita sendiri.


Menjaga dan merawat tubuh sehat langsing itu diperlukan berbagai cara diantaranya adalah dengan memperhatikan pola makan. Sekalipun badan kita tidak tergolong dalam kategori tubuh yang gendut, bukan berarti kita tidak menjaga pola makan. Menjaga  pola makan dilakukan dengan cara teratur makan  dengan porsi yang sedikit. Usahakan juga untuk sarapan. Karena sarapan merupakan hal paling penting bagi kesehatan tubuh.


Memilih makanan yang baik dan sehat juga menjadi hal paling penting dalam menjaga tubuh tetap langsing. Hindari memakan makanan cepat saji atau makanan yang mengandung bahan pengawet. Karena makanan olahan atau cepat saji menjadi salah satu penyebab kegemukan, dan juga makanan yang mengandung bahan pengawet akan beresiko pada kesehatan. Usahakan untuk memakan sayur, yang mengandung serat dan air sehingga dapat memperlancar pencernaan. Sayur juga bisa menjaga tubuh agar tetap langsing.


Tidak hanya sayur saja, memakan buah juga merupakan pengganti budaya ngemil kita. Ngemil buah, akan berpotensi untuk menjaga tubuh agar tetap langsing. Seperti sayur, buah mengandung banyak serat yang dapat memperlancar pencernaan manusia.


Untuk menjaga berat badan, kita juga harus sebisa mungkin menghindari atau mengurasi porsi gula dan karbohidrat. Karena dalam gula dan karbohidrat, terdapat zat yang akan membuat berpotensi penyakit diabetes. Sebisa mungkin untuk mengurangi porsi gula dan karbodirat sesuai dengan kebutuhan kalori per harinya.


Sebenarnya masih banyak cara untuk menjaga tubuh sehat langsing sesuai dengan impian seorang manusia. Dibutuhkan komitmen pada diri sendiri untuk menjaga agar tubuh tetap pada porsinya yaitu sehat dan ideal.


Diet Alami Menjadi Jalan Diet Sehat Anda


Banyak yang beranggapan jika tinggi badan dikurangi 110, menghasilkan sebuah angka. Angka tersebut adalah maksimal angka maksimal dari perolehan berat badan yang porposional. Banyak orang langsung berbondong-bondong untuk mengurangi asupan makanan tiap harinya agar memperoleh angka yang porposional tersebut. Berbagai carapun kadang dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal tersebut.


Maka dari itu, seseorang harus memperhatikan cara diet yang baik bagi kesehatannya. Memilih cara diet alami akan sangat lebih aman dan tidak menimbulkan banyak resiko mengganggu kesehatan dari pada diet menggunakan obat-obatan pelangsing yang belum jelas manfaat dan khasiatnya.


Diet sehat, merupakan pilihan paling tepat, karena kita tidak harus menahan lapar berjam-jam atau bahkan seharian. Diet sehat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang tetap dapat memperlancar metabolism dalam tubuh. Tentu dengan tetap menghitung agar gizi tetap seimbang untuk diserap oleh tubuh.


Tapi Frend, perlu diingat juga, bila kita melakukan program diet secara alami, kita dituntut untuk tetap sabar agar hasil yang diperoleh akan maksimal. Jangan berfikiran untuk mendapatkan hasil diet secara instan dan cepat dengan mengkonsumsi obat-obatan yang belum jelas khasiatnya. Saat diet kita harus realistis dan tidak terlalu memaksakan diri agar tideak terjadi gangguan kesehatan lain pada tubuh kita.


Diet alami harus selalu menjaga agar perut tetap kenyang. Ketika kita biasanya makan nasi dan lauk untuk mengganjal perut yang lapar, pada saat diet kita bisa menggantinya dengan makanan yang berserat tinggi agar rasa kanyang itu bertahan lebih lama. Bila kita merasa kenyang, kita juga tidak akan melakukan budaya ngemil yang terlalu banyak. Kita dapat mengkontrol makanan yang kita makan dengan rasa kenyang yang lebih lama. Saat diet, usahakan untuk meminum air putih yang banyak. Hal ini bertujuan untuk menekan nafsu makan. Jika kita minum air putih, pola makan juga akan terkontrol. Metabolism juga akan semakin lancar, sehingga pembakaran lemak akan bekerja dengan cepat. Air putih juga dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Hal ini dapat membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar setiap hari.


Menjadikan Badan Sehat dan Langsing


Sehat, langsing, dan cantik menjadi idaman setiap kaum wanita. Hal ini dipengaruhi oleh seberapa indahnya seorang wanita untuk di kagumi dan dipandangi oleh kaum lelaki.


Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh wanita untuk mendapatkan tubuh yang sehat langsing, dan cantik. Jangan sampai terobsesinya kita pada tubuh yang ideal itu, kita melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri. Bila kita terobsesi pada tubuh yang langsing dan cantik, kita kadang tidak memikirkan efek samping dalam melakukan program kecantikan.


Buat Anda, pilihlah program kecantikan yang alami, yang tidak menggunakan bahan kimia atau pengawet yang dapat merusak jaringan tubuh kita. Karena bahan pengawet dan juga bahan kimia yang berasal dari perawatan badan atau juga dari obat yang kita konsumsi, akan berakibat fatal pada fungsi ginjal. Lebih lagi jika kita mengabaikan izin BPOM yang tertera pada label jenis obat tersebut. Bukan badan yang sehat langsing, dan cantik yang kita dapat, malah justru kita akan terperangkap pada kesehatan yang terganggu.


Menjadikan tubuh sehat, langsing dan cantik sebenarnya sangatlah mudah. Dengan kita menjalani program penurunan berat badan secara alami ataupun berolahraga, akan menjaga tubuh kita tetep sehat.


Kebugaran yang di dapatkan dari berolahraga akan berefek baik dikemudian harinya. Kita akan terhindar dari resiko berbagai macam penyakit. Kebugaran dari olahraga juga dapat membuat tubuh kita tampak singset dan langsing. Bisa dibilang, jika kedua hal tersebut bisa kita raih. Maka cantik akan mengikuti tubuh yang sehat dan langsing tersebut. Tanpa kita harus melakukan serangkaian perawatan yang mahal dan tentu belum terdeteksi baik buruknya pada kesehatan.


Tentu saja menjaga tubuh yang sehat sangat berkaitan dengan mengurangi porsi makan atau menjaga porsi makan kita setiap harinya. Dengan menjalankan program pola makan sehat, kita dapat menjaga tubuh agar tetap pada porsinya. Yaitu sehat dan langsing. Hal ini erat berkaitan dengan diet, tentu saja lakukan diet yang alami yang bisa membantu untuk mempertahankan kelangsingan, kesehatan, dan kebugaran tubuh kita.


Yuk sehat selalu di manapun dan kapanpun.

Get notifications from this blog