√ Ini Alasan Kenapa Orang Jepang Rata-rata Sehat dan Panjang Umur - GJYA.COM

Ini Alasan Kenapa Orang Jepang Rata-rata Sehat dan Panjang Umur



Orang Jepang memang terkenal dengan gaya hidupnya yang sehat serta pandai menjaga kebugaran tubuhnya. Di Jepang, anda akan menemukan fakta bahwa di sana tingkat obesitasnya sangatlah rendah. 


Hal ini dikarenakan gaya hidup mereka yang sehat. Alasan mengikuti gaya hidup orang Jepang adalah supaya kita senantiasa sehat dan memiliki umur yang panjang. Bagaimana pola hidup orang Jepang? 


Pertama, Orang Jepang gemar mengonsumsi rumput laut. Keajaiban rumput laut adalah karena kandungan seratnya yang tinggi. Menurut seorang ilmuwan dari Newcastle University, rumput laut berfungsi untuk menghambat penumpukan lemak. Mereka suka mengonsumsi rumput laut karena mampu memaksimalkan pengolahan lemak sebanyak 4x lipat. Lalu, kebiasaan makan orang negeri matahari terbit adalah tidak sampai kenyang. 


Pola hidup yang mereka jalankan sangatlah disiplin. Orang Jepang memiliki kebiasaan makan sedikit dan tidak sampai kenyang agar pencernaan lebih sehat. Menurut kepercayaan mereka, hara hachi bu yang memiliki arti makanlah hingga perutmu penuh 8/10 bagian.


Gaya hidup orang Jepang yang perlu ditiru selanjutnya adalah kebiasaannya makan ikan. Ikan mengandung banyak asam lemak omega 3 yang berfungsi menjaga kesehatan kulit agar tetap kencang dan awet muda. Fakta menyebutkan bahwa warga negeri Sakura ini mampu mengonsumsi ikan sekitar 100 gram per hari untuk satu orangnya. 


Kebiasaan makan ikan ini perlu kita tiru supaya kulit tetap terjaga dan awet muda. Lalu, orang Jepang juga memilih makanan pencuci mulut yang sehat. Sebagian besar orang lebih menyukai makanan penutup atau dessert berupa kue atau makanan yang manis. Berbeda dengan orang Jepang, mereka lebih menyukai buah-buahan segar sebagai pencuci mulut. 


Mereka sangat peduli dengan kesehatan sehingga sangat menghindari makan makanan yang manis. Konsumsi gula orang Jepang per harinya hanya 48.8 gram gula pasir. Pola hidup sehat dengan konsumsi gula yang rendah menjadi salah satu Alasan mengikuti gaya hidup orang Jepang. 


Kebiasaan sehat orang Jepang adalah sering berjalan kaki atau bersepeda ketika ke kantor atau ke sekolah. Kebiasaan sehat ini dapat menjadi pengganti olahraga setiap harinya. Orang Jepang bahkan menempuh jarak jauh dengan berjalan kaki. Aktivitasnya yang padat dengan gerak tubuh yang maksimal membuat mereka senantiasa sehat. 


Kebiasaan berjalan kaki atau bersepeda ketika bepergian selain dapat menjaga tubuh tetap sehat, juga mampu menjaga lingkungan agar sedikit terbebas dari polusi. Demikian adalah beberapa Alasan mengikuti gaya hidup orang Jepang. Agar tetap sehat dan panjang umur, orang Indonesia juga perlu meniru beberapa kebiasaan atau gaya hidup orang Jepang. Beberapa hal yang telah dijelaskan di atas tentunya mudah diikuti. Hanya saja, kita biasanya sering merasa enggan untuk melakukan beberapa hal di atas.


Ada yang perlu Anda tiru?



Get notifications from this blog