√ Sederet Bahaya Bila Tubuh Kita Kurang Serat - GJYA.COM

Sederet Bahaya Bila Tubuh Kita Kurang Serat

Sederet Bahaya Bila Tubuh Kita Kurang Serat


Serat memang bukan nutrisi penting bagi tubuh kita. Namun kekurangan serat juga berakibat fatal bagi tubuh kita. Hal ini karena serta sendiri mengandung beberapa manfaat yang baik bagi tubuh kita. Beberapa manfaat serat antara lain:


  1. Melancarkan proses pencernaan. Serat akan bekerja dengan cara mengikat makanan dan akan mendorong sisa makanan untuk segera dibuang. Sehingga dengan makan serat yang rutin maka pencernaan kita akan selalu sehat dan lancar. Kita akan bisa buang air setiap hari.
  2. Menyerap nutrisi pada makanan secara sempurna. Serta bekerja dengan cara mengikat makanan, sari makanan akan diserap sepenuhnya oleh tubuh sehingga tubuh kita menjadi lebih kuat dan tidak mudah lapar. Dan sisa makanan akan diteruskan ke usus.
  3. Membersihkan organ pencernaan. Serat akan mendorong sisa makanan dari usus halus ke usus besar sehingga sisa makanan akan segera dapat dikeluarkan. Dengan ini pencernaan kita akan menjadi bersih.
  4. Menyehatkan organ pencernaan. Karena serat berfungsi sebagai pembersih pencernaan, maka serta juga akan menyehatkan organ pencernaan kita karena tidak akan ada sisa makanan yang menumpuk terlalu lama di usus kita.


Karena beberapa manfaat penting dari serat tersebut, maka akan sangat bahaya apabila tubuh kurang serat. Bahaya kurang serat antara lain:


  1. Pencernaan tidak lancar. Pencernaan anda menjadi tidak lancar karena sisa makanan tidak langsung dibuang, akibatnya buang air besar menjadi tidak lancar.
  2. Organ pencernaan mengalami kerusakan. Karena banyak timbunan sisa makanan di usus besar, maka kinerja usus besar akan menjadi lebih berat. Apabila hal ini diteruskan, maka akan terjadi kerusakan pada organ pencernaan kita.
  3. Tubuh kurang nutrisi. Kurang serat juga menyebabkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh menjadi kurang sempurna, sehingga tubuh kita akan kekurangan nutrisi dan banyak nutrisi penting dari makanan yang tidak diserap sempurna oleh tubuh.
  4. Terdapat penyakit pada organ atau sistem pencernaan kita. Tidak lancarnya proses buang air besar serta banyaknya sisa makanan yang tertimbun di usus akan mengakibatkan beberapa penyakit pada sistem pencernaan kita.


Upaya untuk mengantisipasi kekurangan serat adalah dengan makan makanan berserat setiap hari. Makanan yang mengandung banyak serat. Serat sendiri ada yang larut dalam air ada yang tidak. Yang termasuk serta dalam air adalah kacang-kacangan seperti kacang mete serta kacang almon. Beberapa buah-buahan seperti pir, pisang, apel dan sayur brokoli juga merupakan serat larut air. Sedangkan untuk serat tidak larut air seperti gandum, oat, biji-bijian, serta  beberapa jenis sayuran hijau dan buah-buahan seperti kiwi, tomat da alpukat. Dengan rajin makan makanan tersebut maka tubuh kita akan terbebas dari kurang serat.

Pencernaan Yang Sehat Membutuhkan Makanan Berserat


Mempunyai pencernaan yang sehat pasti adalah keinginan setiap orang. Namun banyak orang yang lupa bahwa pencernaan yang sehat pasti membutuhkan serat. Karena serat tersebut akan membuat pencernaan anda menjadi sehat. Berikut adalah beberapa ciri pencernaan sehat antara lain:


  1. Buang air besar lancar atau tiap hari. Tentu saja apabila pencernaan anda sehat maka anda akan lancar buang air besar setiap hari untuk membersihkan sisa kotoran di usus anda.
  2. Kondisi tinja padat dan sehat. Kondisi tinja pada pencernaan yang sehat adalah padat. Hal ini karena penyerapan makanan terjadi dengan sempurna.
  3. Tubuh sehat dan kuat. Karena penyerapan sari makanan juga terjadi dengan sempurna, maka akan banyak nutrisi pada tubuh anda. Akibatnya kebutuhan nutrisi dalam tubuh akan tercukupi dan akan menjadikan anda sehat dan kuat.
  4. Porsi makan normal. Karena makanan diserap dengan baik oleh tubuh maka akan banyak energi yang tertimbun dalam tubuh anda. Hal ini akan menyebabkan porsi makan anda normal namun anda tetap mempunyai energi yang cukup.


Manfaat dari serat sendiri memang sangat banyak dan sangat penting bagi tubuh anda, terlebih lagi bagi pencernaan anda. Beberapa manfaat serat bagi tubuh anda antara lain:


  1. Organ pencernaan menjadi sehat dan bersih. Serat akan membersihkan organ pencernaan anda karena serta akan mendorong sisa makanan ke dalam usus besar akan segera dibuang bersama kotoran. Sehingga hal ini akan membuta organ pencernaan anda menjadi lebih sehat dan juga akan lebih bersih.
  2. Tubuh menjadi lebih kuat dan sehat. Serat akan menyerap sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh secara maksimal dan sempurna. Sehingga tubuh akan mendapatkan banyak asupan nutrisi. Akibatnya tubuh akan menjadi lebih sehat dan kuat karena kebutuhan nutrisi telah tercukupi.
  3. Proses buang air besar menjadi lebih lancar. Karena serat akan mendorong sisa makanan yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh, maka sisa makanan akan segera dibuang. Akibatnya proses buang air besar anda akan menjadi lebih sehat dan lancar.


Sehingga bagi Anda yang ingin menjaga agar pencernaan anda tetap sehat, maka anda harus melakukan hal berikut. Sebab pencernaan yang sehat akan membuat tubuh anda sehat juga. Hal-hal yang harus anda lakukan agar pencernaan anda sehat andalah:


  1. Makan serat setiap hari. Usahakan untuk selalu makan serat setiap hari supaya pencernaan tetap sehat.
  2. Minum air yang cukup. Minum air yang cukup juga akan menyebabkan pencernaan anda menjadi sehat karena air akan melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. 
  3. Olahraga ringan secara rutin. Salah satu menjaga kesehatan pencernaan andalah dengan rajin berolahraga. Tidak harus olahraga berat, cukup dengan olahraga ringan saja namun rutin.


Asupan Serat Membantu Anda Kecilkan Perut Buncit Alami


Perut buncit sebenarnya berbeda dengan perut gendut. Perut buncit adalah karena faktor pola hidup dan pola makan yang salah. Sedangkan perut gendut biasanya disebabkan karena faktor keturunan atau faktor gen. Sehingga cara mengecilkannya juga berbeda. Cara mengecilkan perut gendut adalah dengan:


  1. Olahraga setiap hari. Perut yang gendut yang melakukan usaha lebih keras dalam mengecilkannya. Yakni dengan melakukan olahraga lari, renang, atau sepeda. Dan olahraga ini harus dilakukan setiap hari supaya jumlah lemak di dalam perut maupun di dalam tubuh akan berkurang. Lakukan olahraga tersebut setiap hari dalam waktu minimal 20 menit supaya pembakaran lemak di dalam tubuh menjadi lebih maksimal.
  2. Pola makan sehat setiap hari. Selain olahraga, maksimalkan usaha anda dengan menerapkan pola makan yang sehat. Ganti makanan anda yang di goreng degan di rebus atau anda juga bisa mengganti minyak goreng anda dengan minyak gorengan yang lebih rendah lemak. Makan makanan yang berserat seperti sayuran hijau dan brokoli supaya lemak dalam tubuh setiap hari dibuang bersama kotoran. 


Sedangkan untuk cara mengecilkan perut buncit sendiri lebih ringan namun juga harus dilakukan secara rutin. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan perut anda yang buncit, antara lain:


  1. Kurangi makan lemak. Karena perut buncit adalah karena kebanyakan makan lemak, maka anda harus mengurangi makanan berlemak anda. Atau anda juga bisa mengganti makanan yang digoreng degan direbus atau di kukus. Hal ini akan dapat mengurangi kadar lemak dalam perut anda. 
  2. Ganti makanan lemak dengan buah atau kacang-kacangan. Coba ganti makanan berlemak anda dengan makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan dan kacang-kacangan supaya lemak setiap hari dapat dibuang. Dengan ini maka lemak yang tertimbun di dalam perut akan diubah menjadi energi atau juga akan dibuang bersama kotoran anda.
  3. Olahraga perut yang rutin. Biasanya orang yang mempunyai perut buncit hanya perutnya saja yang buncit, namun tubuh yang lain ukurannya normal. Sehingga dalam mengecilkannya anda harus melakukan olahraga untuk mengecilkan perut misalnya hula hop dan senam.


Apabila anda telah melakukan hal di atas, maka perut buncit anda akan segera hilang dan ukuran perut anda akan normal kembali. Selain itu anda juga akan memperoleh beberapa manfaat. Beberapa manfaat perut buncit hilang adalah:


  1. Tubuh lebih ramping dan proporsional. Perut buncit yang hilang akan membuat tubuh anda menjadi lebih ramping dan lebih proporsional.
  2. Lebih percaya diri. Tentu saja apabila tubuh anda ramping maka anda akan menjadi lebih percaya diri di setiap kesempatan anda. 
  3. Lebih sehat. Dengan olahraga selain sebagai solusi perut buncit juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. 

Get notifications from this blog