√ Sederet Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan - GJYA.COM

Sederet Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan

Sederet Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan


Probiotok adalah sebutan atau nama untuk jenis mikroorganisme baik atau bakteri yang menguntungkan bagi kita. Istilah probiotik memang masih awan bagi masyarakat luas, namun sebenarnya banyak produk dari probiotik yang sudah kita pakai. Istilah lain atau istilah yang lebih mudah dari kata probiotik adalah bakteri yang baik. 


Jenis bakteri memang ada dua, yaitu bakteri yang baik yakni yang menguntungkan kita dan bahkan banyak yang membantu kita dalam segala macam proses. Sedangkan bakteri jahat atau bakteri yang merugikan adalah bakteri yang dapat menyebabkan kita merugi misalnya saja terserang penyakit. Bakteri sendiri berukuran sangat kecil dan tidak dapat dilihat oleh mata telanjang. Tempat hidup bakteri adalah di tempat yang bermacam-macam juga. Di dalam tubuh kita terdapat bakteri, misalnya saja di usus. Bakteri yang jahat biasanya membuat tubuh kita sakit atau lemah, sedangkan bakteri baik akan melawan bakteri yang jahat. Apabila bakteri yang baik kalah, maka tubuh kita akan sakit.


Selama ini orang masih bertanya-tanya, apakah probiotik itu serta apakah benar bahwa probiotik ada di dalam makanan yang sehari-hari kita makan? Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik.


  1. Yoghurt. Yoghurt adalah minuman hasil fermentasi. Dan proses fermentasi tidak akan terjadi ketika tidak ada bakteri baik. Maka bakteri baik ini akan mengubah susu menjadi yoghurt. Yoghurt tetap aman dimakan karena kebersihannya sudah terjaga dan bakteri yang terdapat di dalam yoghurt akan menguntungkan bagi kita. 
  2. Keju. Keju juga salah satu produk susu yang mengalami fermentasi, sehingga dalam proses pembuatannya juga membutuhkan bakteri sehingga dapat berubah lebih padat seperti keju. Kandungan kalsium dalam keju tetap banyak walaupun sudah mengalami proses fermentasi. 
  3. Tempe. Apakah anda suka tempe? Tempe juga merupakan salah satu bahan makanan yang cara pembuatannya menggunakan bantuan bakteri sehingga dapat mengubah kedelai menjadi tempe yang enak.


Sehingga manfaat dari probiotik sendiri sangat baik bagi tubuh. Beberapa manfaat dari probiotok bagi tubuh antara lain:


  1. Memperkuat sistem imun. Ini fungsi yang paling penting dari probiotik. Probiotik akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan lebih kebal terhadap penyakit.
  2. Mencegah peradangan atau inflamasi. Apabila anda mengalami luka maka probiotik ini akan mencegah terjadinya peradangan dana akan segera menutup luka anda sehingga akan cepat sembuh.
  3. Membantu menyerap nutrisi makanan. Bakteri ini juga berfungsi untuk membantu usus dalam menyerap banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan segera membuang sisa makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh.
  4. Membersihkan usus.Salah satu manfaat probiotik bagi tubuh anda akan membersihkan usus anda dari bakteri jahat sehingga pencernaan anda akan sehat dan proses buang air besar akan lancar. 

Get notifications from this blog