√ Tips dan Panduan Menurunkan Berat Badan di Masa Pandemi - GJYA.COM

Tips dan Panduan Menurunkan Berat Badan di Masa Pandemi

Di saat pandemi seperti ini diet merupakan sesuatu yang susah dilakukan sebab sehari-hari aktivitas kita berkurang. Selain itu, karena hanya diam di rumah, maka keinginan kita untuk makan dan makan semakin tinggi.


Tapi itu menjadi tantangan tersendiri buat Anda, justru kita lebih mudah mengontrol makan apa yang cocok sebagai sahabat diet Anda.


Berikut ini beberapa tips yang mungkin berguna sebagai bacaan Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan.


Anda Takut Gemuk Tapi Hobi Kuliner? Ini Tips Khusus untuk Anda




Tips tetap makan malam tanpa takut gemuk diperlukan bagi siapa saja, baik pria maupun wanita yang ingin menjaga berat badan atau mereka yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Anggapan bahwa makan malam bikin gemuk memang benar namun dalam beberapa kondisi, ini tidak benar. Faktanya, kita bisa tetap makan malam tanpa ada ketakutan bahwa kita tambah gemuk atau menjadi gemuk. Nah, ada trik khusus bagi Anda yang tetap ingin makan malam tanpa ada penimbunan kalori dan lemak.


1. Perhatikan Waktu Makan Malam


Pada malam hari, kita cenderung mengurangi kegiatan karena badan sudah capek untuk aktivitas seharian. Akibatnya, makan malam tanpa dibarengi aktivitas akan mengakibatkan penumpukan kalori. Kalori akan tertimbun menjadi lemak. Untuk menyiasati hal ini, usahakan untuk mengatur waktu makan malam.


Agar kalori yang dimakan tidak langsung ditimbun pada waktu tidur, usahakan makan malam tidak terlalu malam. Seorang presenter TV swasta yang dulu obesitas dan berhasil menurunkan berat badannya mengatakan bahwa rahasianya memperoleh berat badan ideal adalah dengan makan malam sebelum jam 5 sore. Nah, ini bisa menjadi salah satu tips tetap makan malam tanpa takut gemuk.


Ada juga yang mengatakan waktu makan malam paling baik adalah 3-4 jam sebelum tidur. Intinya disini adalah, kita tidak langsung tidur pada setelah makan malam. Dengan memberikan beberapa waktu sebelum tidur, tubuh akan punya waktu untuk mencerna dan membakar kalori dari makanan.


2. Kurangi Asupan Karbohidrat


Karbohidrat adalah sumber energi, namun sumber energi yang tidak digunakan untuk beraktifitas pada malam hari akan ditimbun menjadi lemak. Nah, karena waktu malam kita cenderung pasif beraktifitas, karbohidrat pun sebaiknya dikurangi (dibanding jumlah karbohidrat yang dimakan pada waktu sarapan dan makan siang). Tips tetap makan malam tanpa takut gemuk justru menyarankan kita untuk mengganti asupan karbohidrat dengan sayuran, buah-buahan yang kaya air dan serat sehingga kita tetap merasa kenyang pada waktu yang lama. 


3. Perhatikan Porsi Makanan


Saat merasa lapar, banyak orang cenderung makan sebanyak-banyaknya. Baru setelah kenyang, mereka berhenti makan. Porsi makanan pun menjadi tidak diperhatikan. Padahal, kalau Anda takut gemuk, perhatikan porsi makan malam Anda. Makan segala makanan sampai Anda benar-benar kenyang tidak disarankan untuk menjaga berat badan.


Porsi makan malam yang baik agar terhindar dari kegemukan adalah yang memperhatikan jumlah dan jenis makanan yang dimakan. Bahkan, kalau perlu, Anda sebaiknya mengurangi porsi makan Anda karena pada malam hari, aktivitas kita cenderung menurun, dan jika kita memakan terlalu banyak kalori tanpa disalurkan dengan aktivitas, maka hanya akan menjadi timbunan lemak. Menjaga porsi makan menjadi salah satu tips makan malam tanpa takut gemuk.


4. Hindari Kafein


Minum kopi di malam hari yang dingin memang enak, tapi taukah Anda kafein di dalam kopi akan berdampak buruk terhadap berat badan Anda? Untuk menjaga agar program diet yang Anda lakukan berjalan sukses, sangat penting untuk menghindari kafein pada waktu makan malam. Kafein telah terbukti membuat kita susah tidur dan tubuh kita menjadi sulit mencerna makanan.


Sebagai ganti minum kopi di malam hari, minumlah teh hangat atau susu dengan gula rendah kalori. Dengan begitu, tubuh pun akan terasa rileks. Karena alasan inilah, menghindari kafein menjadi salah satu tips tetap makan malam tanpa takut gemuk.


5. Perbanyak Buah-Buahan


Salah satu tips di atas menyebutkan bahwa kita sebaiknya mengurangi asupan karbohidrat dan porsi makan. Nah, agar perut kita tetap kenyang, kita bisa mengganti makanan yang mengandung tinggi karbohidrat dan porsi yang kita kurangi dengan makan buah-buahan setelah makan malam. Namun, perhatikan juga buah-buahan yang Anda makan karena beberapa buah memang mengandung banyak vitamin tapi juga mengandung gula yang tinggi. Gula sama dengan kalori sehingga harus dihindari. Buah-buahan yang berserat tinggilah yang bisa menjadi tips tetap makan malam tanpa takut gemuk.


6. Sebaiknya Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Malam


Anda bisa saja mengurangi karbohidrat, perbanyak buah dan bahkan menghindari kafein saat makan malam. Namun, tidur setelah makan malam adalah pantangan terbesar bagi Anda yang takut kegemukan.


Alih-alih tidur, Anda bisa melakukan kegiatan ringan agar tubuh tetap mencerna makanan dan kalori dari makan malam bisa dibakar. Banyak hal yang bisa kita lakukan misalnya ngobrol bersama teman atau mendengarkan musik dan bergoyang. Terdengar sepele, namun kedua aktivitas ini cukup efektif menghambat penumpukan lemak. Ngobrol dan mendengarkan musik bahkan bisa membuat otak kita santai dan otak tetap aktif.


Relaksasi tubuh setelah makan malam sangat penting. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan meditasi. Meditasi tidak perlu lama. Cukup 15 menit sebelum Anda tidur bisa menjadi tindakan pencegahan dari tertimbunnya banyak lemak. Olahraga tidak disarankan setelah makan malam.


Poin penting saat makan malam tanpa takut gemuk adalah tahu berapa kalori yang dibutuhkan. Dengan begitu Anda bisa mengatur asupan karbohidrat. Dengan menghindari kafein, mengurangi porsi makanan diganti dengan buah, Anda bisa menerapkan tips tetap makan malam tanpa takut gemuk.


Makanan Ini Bisa Menjadi Sahabat Baik untuk Menurunkan Berat Badan Anda




Makanan penurun berat badan yang wajib Anda konsumsi terdiri dari makanan sehat untuk menunjang program diet yang sedang Anda jalankan. Namun demikian, makan makanan ini tidak serta merta membuat diet Anda berjalan sukses. 


Diperlukan ketelatenan, konsistensi, dan tahu berapa banyak yang dibutuhkan oleh tubuh. Inilah yang paling sulit. Karena itulah, berkonsultasi kepada ahli diet cukup disarankan untuk mengetahui jumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, demi mencapai bentuk tubuh dan berat badan ideal, paling tidak Anda tahu beberapa jenis makanan di bawah ini.


1. Makanan Berserat


Diet dengan menggunakan makanan memerlukan jenis makanan yang kaya akan serat. Serat ini adalah lapisan epidermis pada tumbuh-tumbuhan yang membuatnya sukar dicerna. Tidak heran, sayuran-sayuran dan buah-buahan menjadi sumber serat paling utama. Hubungannya serat sebagai makanan penurun berat badan yang wajib Anda konsumsi dan keefektifan menurunkan berat badan adalah karena kemampuannya dalam menurunkan kadar LDL. Hasilnya, Anda akan tetap merasa kenyang dalam waktu lama karena sulit dicerna. Sehingga, keinginan untuk ngemil menjadi berkurang.


Usahakan Anda untuk mengkonsumsi jenis makanan seperti pisang, pir, jambu biji, pepaya, labu, bayam, brokoli, ubi jalar, kubis merah, kembang kol dan sayuran hijau lainnya.


2. Daging Tanpa Lemak


Daging adalah sumber protein sehingga penting untuk pembangun tubuh. Namun, tidak semua bagian daging itu sehat. Kulit dan jeroan adalah sumber lemak sehingga yang wajib Anda konsumsi hanya  dagingnya saja. Daging tanpa lemak ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Karena kandungan protein yang tinggi di dalam daging, tubuh akan memerlukan banyak energi untuk mencernanya. Sehingga, kalori di dalam tubuh kita pun akan terbakar untuk memproses protein ini. Inilah sebabnya daging tanpa lemak ini menjadi makanan penurun berat badan yang wajib Anda konsumsi.


3. Keju


Anda suka keju? Nah, berita bagus jika Anda juga mau menurunkan berat badan karena keju juga efektif membantu program diet nutrisi yang sedang Anda kerjakan. Keju merupakan susu yang diolah dengan difermentasi dengan ragi. Kandungan asam linoleat di dalamnya sangat efektif membantu pembakaran lemak. 


Namun demikian, perlu dicatat bahwa keju ini adalah protein hewani. Protein yang dikonsumsi terlalu banyak akan ditimbun menjadi lemak. Selain itu, terlalu banyak keju juga akan mengganggu asam lambung. Sehingga, sangat penting untuk mengetahui jumlah asupan yang diperlukan oleh tubuh agar keju menjadi makanan penurun berat badan yang wajib Anda konsumsi.


4. Jamur


Bisa jadi, daging merupakan sumber makanan yang kurang mendukung untuk menurunkan berat badan, apalgi tanpa lemak. Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi jamur. Jamur bertekstur lembu dan kenyal seperti daging. Dan yang paling penting, jamur ini rendah kalori. Makanan rendah kalori sangat penting untuk menurunkan berat badan. Jamur bisa diolah dengan variasi rasa dan bumbu, tanpa menghilangkan cita rasa aslinya.


5. Kacang Almond Mentah


Jika Anda jarang mengkonsumsi kacang almond mentah, mulai sekarang, cobalah memakan kacang ini untuk membentuk tubu ideal Anda. Kacang almond memiliki kandungan protein, serat dan lemak nabati. Karena kandungan inilah, kita akan merasa kenyang lebih lama sehingga tubuh kita pun akan membakar lemak tiga kali lebih cepat. Dari ulasan ini, kacang almond mentah benar-benar sebagai makanan penurun berat badan yang wajib Anda konsumsi.


6. Teh Hijau


Mungkin tidak bisa disebut makanan, karena tujuannya teh hijau adalah untuk diminum. Namun, demi turunnya berat badan Anda, teh hijau menjadi hal yang wajib dikonsumsi. Cukup luangkan waktu Anda tiap hari untuk meminum 4 (empat) cangkir teh hijau. Teh hijau diklaim bisa menurunkan berat badan hingga 6 kg dalam 8 minggu. Keampuhan teh hijau yang mengagumkan ini ternyata karena kandungan EGCG di dalamnya. Anti oksidan ini sangat ampuh untuk meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh.


7. Minyak Zaitun


Nah, bagi Anda yang suka makanan yang digoreng, minyak zaitu bisa dijadikan alternatif menggoreng yang sehat. Minyak ini tetap mengandung lemak, tapi lemak yang sehat atau yang sering disebutdengan HDL. Lemak jenis ini bermanfaat untuk memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan kita pun bisa dikontrol. Hasilnya, asupan kalori pun menjadi berkurang dan tubuh akan lebih fokus untuk membakar lemak yang tersimpan.


8. Salmon


Kalau Anda suka ikan, salmon harus dimasukkan kedalam daftar makanan penurun berat badan yang wajib Anda konsumsi. Salmon ini menjadi buruan para produsen olahan ikan karena kandungan multi vitaminnya dan lemak sehat. Lemak ikan salmon terbukti efektif mengecilkan perut atau pinggang Anda. Terdengar tidak logis dan ajaib bukan? Ternyata tidak. Ikan salmon ini kaya akan lemak omega-3 sehingga bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Hasilnya, otot pun semakin terbangung dan lemak di bagian perut akan terbakar. Berat badan Anda pun menjadi semakin berkurang.


9. Yogurt


Yogurt ini adalah makanan yang tinggi kadar karbohidrat, lemak dan protein. Minum yogurt dalam jumlah sedikit saja akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga, asupan kalori pun akan berkurang.


Itulah Sembilan makanan yang harus Anda ketahui jika Anda ingin menurunkan berat badan. Mengkonsumsi makanan tersebut tidak akan efektif jika tidak diiringi dengan olahraga teratur. Yakinkan Anda tahu berapa kalori yang diperlukan setiap hari sehingga mengukur jumlah yang perlu dikonsumsi dari jenis makanan penurun berat badan yang wajib Anda konsumsi di atas. 


Jadwal 7 Hari Diet yang Mudah dan Ampuh Menurunkan Berat Badan




Rahasia turun berat badan 7 kg dalam seminggu akhirnya terungkap sudah. Sudah banyak orang yang mempraktekkan dan membuktikan hanya dalam waktu 7 hari, mereka bisa menurunkan berat badan mereka secara fantastis hingga 7 kg. Lalu apa rahasianya? 


Kita akan membahasnya di bawah ini. Untuk menerapkan rahasia ini dalam kehidupan Anda, diperlukan tekat yang kuat. Menurunkan berat badan apalagi sampai fantastis seperti ini tidak semudah menaikkanya. Maka, kuatkan tekat Anda dan mari kita ungkap rahasia menurunkan berat badan demi mendapatkan berat dan bentuk tubuh yang ideal, dan apa yang harus Anda lakukan dari hari Senin sampai Minggu. 


1. Hari Senin


Misalkan diet program kita kali ini kita awali pada hari Senin. Nah, di hari pertama, kita awali dengan yang ringan-ringan dan menyehatkan. Intinya, kita memperbanyak asupan air sehinga terhindar dari dehidrasi. Sebagai tambahan air putih yang kita minum, kita harus mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air. Buah-buahan bisa apa saja yang Anda sukai, kecuali pisang. Inilah salah satu rahasia turun berat badan 7 kg dalam seminggu. Sepele namun bisa menjadi awal yang baik untuk hari berikutnya.


2. Hari Selasa


Di hari kedua, kita sudah mulai rahasia yang paling inti. Kita benar-benar menghindari asupan karbohidrat dari nasi, daging dan minyak. Sebagai gantinya, kita harus memperbanyak konsumsi sayuran. Jadi, mulailah hari Anda dengan sarapan dengan sayuran. Agar tidak bosan, Anda bisa memilih jenis sayuran yang Anda sukai dengan cara menghidangkan yang menarik. 


Sayuran bisa dimakan mentah-mentah, dikukus, ataupun direbus. Agar bebas lemak, hindari menggoreng atau menumis dalam memasak sayuran tersebut. Namun, bukan berarti kita tidak memerlukan karbohidrat. Sebagai ganti daging atau nasi, Anda bisa mengkonsumsi kentang yang bisa dikukus atau direbus sebagai menu utama di hari kedua. Usahakan cairan di dalam tubuh senantiasa tercukupi dengan minum air 8 gelas agar menghindari dehidrasi.


3. Hari Rabu


Di hari ketiga, kita akan mengungkap rahasia turun berat badan 7 kg dalam seminggu. Hari Rabu kita harus menyusun menu yang terdiri dari sayuran dan buah-buahan dengan aneka warna. Untuk menu sarapan Anda, Anda bisa memilih buah-bauahan satu mangkok (kuantitas tergantung dari kebutuhan tiap individu). 


Sedangkan untuk makan siang, Anda bisa mengkonsumsi salad sayuran (bisa direbus atau dikukus). Untuk makan malam, Anda bisa mengkombinasikan sayuran dan buah-buahan sebagai menu utama Anda. Berbeda dengan hari Selasa, di hari Rabu ini kita harus free karbohidrat. Berarti, tidak ada kentang yang kita makan di hari ketiga.


4. Hari Kamis


Rahasia turun berat badan 7 kg dalam seminggu pada hari Kamis atau hari keempat adalah dengan mengkonsumsi pisang dan susu. Tidak boleh ada makanan lain selain makanan yang berasal atau berbahan dasar pisang atau susu, tapi bukan berarti pisang goreng diperbolehkan. Diet seminggu full yang Anda lakukan ini harus bebas dari minyak goreng. Makanan olahan susu atau pisang yang bisa dikonsumsi antara lain milkshake pisang. Yang paling mudah adalah dengan makan pisang langsung, kemudian dilanjutkan dengan minum susu hangat.


5. Hari Jumat


Di hari kelima ini, kita seharusnya akan merasa lebih ringan. Coba Anda cek berat badan, pasti sudah ada kemajuan. Kalau iya, berarti rahasia turun berat badan 7 kg dalam seminggu ini sukses.


Nah, di hari kelima, Anda boleh memakan nasi tapi hanya 5 (lima) sendok saja, ditambah dengan 7-8 potong tomat (bisa direbus atau mentah langsung). Nasi ini bisa dikonsumsi dua kali yaitu pada saat sarapan dan makan siang. Sementara, pada malam harinya, Anda hanya makan sayuran saja (tanpa nasi). Jangan lupa selalu menjaga tubuh Anda terhindar dari dehidrasi dengan minum air putih 8 gelas. 


6. Hari Sabtu


Sudah hari keenam dan rahasia turun berat badan 7 kg dalam seminggu sudah akan menunjukkan bukti-bukti keberhasilan. Hari keenam, Anda diperbolehkan makan nasi tapi hanya secangkir dan hanya untuk makan siang saja. Sementara untuk sarapan pagi dan makan malam, menu Anda harus terdiri dari sayuran dan buah-buahan saja.


Intinya, di hari keenam ini, Anda sudah boleh menanmbahkan asupan protein hewani dan nabati (dengan jumlah tertentu/tidak berlebihan). Tempe rebus, tahu rebus dan daging rebus tanpa kulit bisa dijadikan tambahan untuk sarapan pagi.


7. Hari Minggu


Hari ketujuh, yang juga merupakan hari terakhir, Anda bisa makan nasi lagi sebanyak 5 sendok yang ditambah dengan sayur (yang dikukus atau direbus) dan buah-buahan segar. Agar Anda tetap semangat makan, variasikan buah dan sayuran. Usahakan sayuran dan buah favorit Anda. Anda bisa membuat jus buah agar lebih variatif. Selain untuk menunda lapar dan menjaga perut tetap kenyang, jus buah ini juga mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.


Hal penting lainnya adalah menjaga asupan air sepanjang hari agar selalu segar dan memantu proses menurunkan berat badan dengan lebih efektif.


Meskipun terdengar mudah, dibutuhkan konsistensi dan tekad yang tinggi. Dorongan untuk makan akan selalu muncul apalagi bagi kita yang suka makan. Nah, Anda bisa menerapkan secara konsisten rahasia turun berat badan 7 kg dalam seminggu. 


Hati-hati Efek Samping  dengan Obat-Obatan Penurun Berat Badan


Obat-obatan penurun berat badan yang harus Anda hindari wajib diketahui karena efek samping yang membahayakan kesehatan, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Di Indonesia, keberadaan obat-obatan penurun berat badan belum begitu gencar seperti di negara-negara maju. Namun, bukan tidak mungkin obat-obatan berbahaya ini akan masuk ke Indonesia. Di Amerika Serikat, banyak orang telah merasakan efek samping dari obat-obatan penurun berat badan yang tidak terdaftar dan tidak teruji secara klinis. 


Agar kita terhindar dari efek samping yang berbahaya ini, kita wajib tahu daftar merk obat penurun berat badan yang bisa kita jumpai di pasaran.


1. Meridia


Di tahun 2010, Food and Drung Administration (FDA), lembaga pengawas makanan di Amerika telah melarang keberadaan penggunaan Meridia sebagai obat penghambat rasa lapar. Namun, bukan tidak mungkin obat ini masih beredar dan kalua Anda tidak tahu, obat ini berbahaya bagi kesehatan. Sebagai salah satu obat-obatan penurun berat badan yang harus Anda hindari, Meridia megnandung sibutramine yang berisiko meningkatkan serangan jantung dan stroke. Sejak tahun 2010, penggunaan Meridia sebagai resep dokter dinyatakan illegal sehingga tidak boleh digunakan lagi. Berhati-hatilah karena pemasaran obat ini hingga manca negara, termasuk Indonesia.


2. Ephedra


Obat penurun berat badan ini sudah dilarang sejak tahun 2004, namun beberapa orang di Amerika masih membeli obat ini secara ilegal. Bukan tidak mungkin Anda menjumpai Ephedra beredar di Indonesia karena pemasarannya skala internasional. Ephedra biasanya dikombinasikan dengan kafein agar bisa menurunkan berat badan, namun efek samping yang paling berbahaya dari penggunaan obat ini adalah kematian. Selain itu, Ephedra juga berisiko beberapa penyakit lain seperti serangan jantung, stroke, kerusakan otot jantung dan masalah pernafasan.


3. Zanterx-3


Mengklaim bisa menurunkan berat badan dengan cepat, Zanterx-3 termasuk dalam daftar obat-obatan penurun berat badan yang harus Anda hindari. Zantrex-3 mengandung kadar kafein yang tinggi sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan obesitas bagi mereka yang mengkonsumsinya. 


Rupanya, efek samping dari Zantrex-3 ini benar-benar nyata. Tahun 2013, Ashley Bradly mengajukan gugatan kepada produsen Zantrex-3 karena membuat Basic Researc telah membuat iklan palsu, bahwa Zantrex-3 ternyata tidak bisa menurunkan berat badan.


4. Natural Lipo-X


Produsen obat ini mengklaim bahwa tidak ada efek samping dari penggunaan Natural Lipo-X sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Namun, faktanya, Saninah Theodori harus menelan pil pahit setelah mengkonsumsi Natural Lipo-X. Efek samping yang dia rasakan berupa susah tidur sampai halusinasi. 


Melihat hal ini, jelas Natural Lipo-X adalah salah satu dari obat-obatan penurun berat badan yang harus Anda hindari. Ini karena obat ini ternyata mengandung bahan kimia ilegal dan tidak dicantumkan dalam lembar informasi produk. Nah, waspadalah jika Anda menemui suplemen ini di pasaran karena efek samping psikologis yang bisa Anda alami.


5. Hydroxycut


Sejak 2009, Hydroxycut juga telah dilarang peredarannya di Amerika, namun Anda masih bisa menemukan obat ini secara online di pasaran Indonesia. Bahaya dari Hydroxycut adalah efek sampingnya yaitu kerusakan otot dan gangguan kardiovaskular. Penggunaan dalam jangka waktu lama bisa mengakibatkan gagal ginjal. Sebanyak 23 konsumen telah merasakan efek sampingnya khususnya kerusakan hati.


6. Triple Process Total Body Detox and Cleanse


Kandungan kimia di dalam obat ini ternyata membahayakan kesehatan. Tidak heran kalau peredaran obat ini juga dilarang di Amerika. Triple Process Total Body Detox and Cleanse mengandung lumut Irlandia yang bisa menyebabkan borok, bearberry yang bisa berdampak mual dan muntah, serta bahan lain yang ternyata adalah obat pencahar. Itulah sebabnya, pil diet ini termasuk dalam obat-obatan penurun berat badan yang harus Anda hindari. 


Efek dari terungkapnya kandungan berbahaya pada obat ini adalah dituntutnya Jillain Michaels, seorang selebriti sekaligus pelatih fitness karena mempromosikan produk diet yang berbahaya.


7. Sensa


Sensa sering diklaim isa mengilangkan lemak pada makanan secara seketika. Tidak heran kalau iklan obat ini dipamerkan dengan menaburkan butiran kristal Sensa di atas makanan. Namun demikian, belum ada uji klinis yang membuktikan bahwa Sensa benar-benar menghilangkan lemak di dalam makanan. Kita harus berhati-hati karena lembaga pengawas makanan tidak meloloskan Sensan sebagai obat penurun berat badan yang aman dikonsumsi, malah menjadi salah satu obat-obatan penurun berat badan yang harus Anda hindari.


8. Xenadrine


Xenadrine terbuat dari ekstrak tanaman ephedra sehingga termasuk obat alami, tapi obat ini memberikan efek samping disebut amafetamin, peningkatan tekanan darah dan denyut jantung. Tercatat ada konsumen yang meninggal di tahun 2002 setelah mengkonsumsi Xenadrine dan banyak yang mengalami halusinasi.


9. Lean Spa


Produk terakhir yang harus Anda hindari demi kesehatan adalah Lean Spa. Belum ada uji klinis mengenai tingkat keamanan Lean Spa, bahkan perusahaan sering mendapat masalah karena dianggap mempromosikan iklan yang dinilai banyak orang membohongi publik.


Menurunkan berat badan tidak bisa instan, dan segala macam obat yang mengklaim bisa menurunkan berat badan Anda dengan cepat, perlu dicurigai. Tidak semua suplemen diet berbahaya dan Anda disarankan untuk membaca lembar informasi produk dan berkonsultasi dengan ahli agar bisa menghindari efek samping dari obat-obatan penurun berat badan yang harus Anda hindari. 


Buah Plum? Buah Menarik untuk Membantu Menurunkan Berat Badan dan Detoks


Khasiat buah plum untuk menurunkan berat badan dan detoks memang nyata dan sudah dibuktikan banyak orang. Buah dengan nama latin Prunus domestica ini berbentuk mirip apel dengan rasa manis dan asam. Berasal dari datara Tiongkok, buah plum sekarang bisa dinikmati oleh semua orang. Manfaatnya yang paling besar dan populer adalah sebagai penurun berat badan dan detoks. Mengapa buah ajaib ini bisa begitu bermanfaat? Di artikel ini, kita akan membahas kandungan dan bagaimana buah plum bisa dijadikan penurun berat badan dan detoksifikasi alami.


Kandungan Buah Plum Untuk Menurunkan Berat Badan dan Detoks


Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda harus banyak-banyak mengkonsumsi makanan dengan rendah kalori dan buah-buahan segar. Buah plum adalah buah yang memenuhi kriteria yang Anda butuhkan. 


Plum sangat rendah kalori dan lemak. Tiap buah plum berukuran kecil hanya mengandung 30 kalori atau kira-kira 1,5% dari asupan harian. Kadar lemak tiap buah plum juga rendah, yaitu sekitar 0.2 gram untuk satu buah plum berukuran kecil. Lemak ini pun bukan lemak jenuh sehingga tidak menimbulkan risiko penyakit jantung. Inilah yang utama dari khasiat buah plum untuk menurunkan berat badan dan detoks. 


Buah plum juga mengandung kadar Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan alami, yaitu antioksidan flavonoid poli fenolik yang terdiri dari zeaxanthin, crytoxanthin dan lutein. Ketiga antioksidan ini cukup tinggi dalam satu buah plum. 


Buah plum juga menjadi sumber Vitamin A dan beta karoten. Kandungan Vitamin A paling tinggi bisa ditemukan pada plum segar yang warna kuning dari jenis Mirabelle. Keduanya sangat baik untuk kesehatan mata dan kulit, serta melindungi kita dari kenker rongga mulut dan paru-paru.  


Karena rendah kalori, plum juga rendah karbohidrat. Tiap buah plum berukuran kecil hanya mengandung 7,5 gram karbohidrat. Ini artinya, plum lebih baik daripada pisang dalam hal kegunaan diet. Tiap pisang berukuran sedang terdapat 15 gram karbohidrat. Karena itulah, kita bisa melihat khasiat buah plum untuk menurunkan berat badan dan detoks.


Kandungan lain buah plum adalah mineral seperti kalium, zat besi dan fluor, Vitamin B dan K. Kedua Vitamin ini dikenal karena kemampuannya membantu metabolisme tubuh khususnya mencerna karbohidrat, lemak dan protein. 


Buah Plum sebagai Penurun Berat Badan dan Detoks 





Terlebih dahulu, kita harus tahu apa itu detoks atau detoksifikasi. Detoksifikasi adalah proses normal dari tubuh untuk membuang atau menetralkan racun melalui liver, colon, ginjal, limpatik, paru-paru dan kulit. Dari pengertian itu, kita sadar bahwa tubuh kita berpotensi tinggi terkena racun yang menumpuk sehingga harus dibuang. 


Dilihat dari kandungannya, khasiat buah plum untuk menurunkan berat badan dan detoks terasa nyata. Sebagai penurun berat badan, buah ini memiliki rendah kalori, rendah lemak dan rendah karbohidrat. Saat kita melakukan program diet, kita memerlukan makanan dengan rendah kalori agar tetap kenyang tapi tidak menyimpan kalori. Kalori yang tidak digunakan akan ditimbun sebagai lemak. Artinya, jika makanan yang kita makan mengandung rendah kalori, tidak ada lemak yang ditimbun karena semua terbakar menjadi energi. Begitu pula dengan karbohidrat dan lemak. Kelebihan keduanya bisa terjadi penumpukan lemak. 


Selain itu, untuk mendukung program diet Anda, serat di dalam buah plum sangat membantu dan menjadi khasiat buah plum untuk menurunkan berat badan dan detoks. Serat adalah kandungan yang membuat buah plum sulit dicerna. Karena sulit dicerna, penyerapannya pun tidak efektif sehingga akan banyak terbuang ketimbang diserap. Sangat baik bukan untuk menurunkan berat badan.


Buah plum juga memiliki kandungan anti oksidan alami. Antioksidan dikenal sebagai pembunuh radikal bebas. Radikal bebas ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang tidak sehat atau udara yang tidak sehat. Elektron yang tidak berpasangan ini menjadi racun di dalam tubuh dan bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit kronis seperti jantung, stroke, kanker dan penyakit lainnya. Inilah bukti terbaru bahwa radikal bebas-lah penyebab seseorang terkena penyakit kronis.


Maka, khasiat buah plum untuk menurunkan berat badan dan detoks sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin selalu sehat. Radikal bebas hilang berarti kita terhindar dari penyakit dan kita bisa menjagai tubuh kita tetap ideal. 


Tips Membeli Buah Plum Segar


Buah plum di pasaran harganya cukup malah, tapi melihat manfaatnya yang begitu besar, kesehatan kita jauh lebih berharga. Agar kita bisa merasakan manfaatnya, buah plum yang kita bali harus dalam keadaan segar dan baik. Nah, ada tips yang bisa kita terapkan dalam memilih buah plum.


Buah plum yang paling baik dalam kondisi segar. Maka, jika Anda menemukan plum yang lemas atau sangat lunak, berarti kondisinya sudah tidak baik lagi. Selain itu, pilihlah buah plum yang masak dengan tanda-tanda kalau ditekan sedikit, akan terasa lunak. 


Plum berkualitas berbau harum dan manis. Dan hindari membeli plum yang kulitnya cacat berupa goresan atau tusukan karena manfaatnya pun menjadi berkurang. Yakinkan Anda melakukan cek pada buah dengan cara tersebut sehingga bisa merasakan khasiat buah plum untuk menurunkan berat badan dan detoks.


***


Selamat menjalankan!




Get notifications from this blog